PENCEMOOH

Kitab Amsal berulang kali secara khusus membahas tentang 'PENCEMOOH' -satu tipe orang yg sungguh² harus kita waspadai & jauhi supaya tidak menjadi bagian dari diri kita.

                     
Siapakah 'pencemooh' ini sebenarnya?

•Pencemooh ialah orang yg suka melontarkan kata² hinaan & menertawakan, mengkritik dengan kasar & keras; menunjukkan ketidaksukaan dengan cara² yg merendahkan, menyatakan penolakan dengan cara yg melecehkan.
Pencemooh dalam tingkatan tertinggi sebagaimana yg dimaksud dalam Amsal ialah orang² yg -remark dari hatinya- menolak & menghina segala sesuatu yg dari Tuhan.

•Pencemooh ialah orang² yg kurang ajar & sombong (Ams.21:24).
Disamakan dengan orang yg fasik (Ams.9:7) & dilawankan dengan orang yg rendah hati (Ams.3:34), seseorang menjadi pencemooh karena kesombongan telah merasukinya (Ams.11:2). Karena memandang dirinya terlalu tinggi, ia memandang rendah yg lainnya & merasa sebagai yg paling benar. Meski dikatakan dalam Amsal 3:34a bahwa Tuhan pun mencemooh orang yg mencemooh Dia, jelas itu bukan karena kesombongan Tuhan melainkan karena penghakiman & penghukuman-Nya atas pencemooh itu sendiri (Ams.19:25a; 21:11). Dia memukul dengan kasih & tidak mengambil kesenangan pada saat menghardik orang yg menyimpang dari jalan-Nya.

•Karena keangkuhannya, pencemooh juga disamakan & menanggung hukuman seperti orang² bebal (Ams.19:29).
Sejajar dengan orang bebal, pencemooh sama² tidak mau mendengarkan teguran, hardikan, didikan atau pengajaran (Ams.9:7;13:1;14:6;15:12). Bahkan mereka membenci orang yg memberikan mereka masukan atau nasihat (Ams.9:8). Pendeknya, seseorang yg sejak dari dalam hatinya merasa tahu banyak hal, merasa paling benar & tak lagi merasa perlu mendengar atau belajar lebih lagi cepat atau lambat mudah terjerumus menjadi seorang pencemooh.

Dia yg lemah lembut & rendah hati (Mat.11:29) mencari sikap hati seorang murid yg rela belajar & diajar sambil menyelidiki segala sesuatu. Itulah jalan menjadi berhikmat.

Bagaimana dengan Anda?
Salam revival! GBU (Peter B)

Comments

Popular posts from this blog

Perbedaan dan Persamaan Gereja Barat dan Gereja Timur

Manfaat Hidup bersyukur