KRISIS EKONOMI

Philip Mantofa


Tuhan kupercaya rencanaMu Indah walau saat INI tak kumengerti. Engkau telah berfirman memberi masa depan damai sejahtera penuh harapan. Ku tahu rencanaMu Indah bagiku, ku tahu rancanganMu sempurna bagiku. Ku tahu jalan-jalanMu yg terbaik bgku.

Cara yang terbaik untuk mendengar suara Tuhan adalah dengan  buang segala kekuatiran.
Kel 16:1-5 

Manna, Sabat
16:1Setelah mereka berangkat dari Elim, tibalah segenap jemaah Israel di padang gurun Sin, yang terletak di antara Elim dan gunung Sinai, pada hari yang kelima belas bulan yang kedua, sejak mereka keluar dari tanah Mesir.
16:2Di padang gurun itu bersungut-sungutlah segenap jemaah Israel kepada Musa dan Harun;
16:3dan berkata kepada mereka: "Ah, kalau kami mati tadinya di tanah Mesir oleh tangan TUHAN ketika kami duduk menghadapi kuali berisi daging dan makan roti sampai kenyang! Sebab kamu membawa kami keluar ke padang gurun ini untuk membunuh seluruh jemaah ini dengan kelaparan."
16:4Lalu berfirmanlah TUHAN kepada Musa: "Sesungguhnya Aku akan menurunkan dari langit hujan roti bagimu; maka bangsa itu akan keluar dan memungut tiap-tiap hari sebanyak yang perlu untuk sehari, supaya mereka Kucoba, apakah mereka hidup menurut hukum-Ku atau tidak.
16:5Dan pada hari yang keenam, apabila mereka memasak yang dibawa mereka pulang, maka yang dibawa itu akan terdapat dua kali lipat banyaknya dari apa yang dipungut mereka sehari-hari."

1.Jangan hidup di masa lalu karena TIDAK obyektif dan TIDAK bisa maju.
2.Jangan mengeluh.
3.Jangan pesimis.

Hikmat di masa krisis :

1. Mencukupkan diri dengan APA yang Ada. mengencangkan ikat pinggang TIDAK perlu idealistis. Kel 16: 17-18. Timbang mana kebutuhan dan keperluan.

16:7Dan besok pagi kamu melihat kemuliaan TUHAN, karena Ia telah mendengar sungut-sungutmu kepada-Nya. Sebab, apalah kami ini maka kamu bersungut-sungut kepada kami?"
16:8Lagi kata Musa: "Jika memang TUHAN yang memberi kamu makan daging pada waktu petang dan makan roti sampai kenyang pada waktu pagi, karena TUHAN telah mendengar sungut-sungutmu yang kamu sungut-sungutkan kepada-Nya--apalah kami ini? Bukan kepada kami sungut-sungutmu itu, tetapi kepada TUHAN."

2. Mengelola APA yg Ada/sisa. Tuhan kuserahkan APA yg tersisa untuk kukelola. Seperti 5 roti & 2 ikan. Percayalah Tuhan tahu mengelola dari yang tersisa. Bangkit, kelola & fokus dengan apa yang ada. Kel 16:23
Pastikan yang sinergi. Kembangkan man power , strategy. Kairos menjemput kairos.

16:23Lalu berkatalah Musa kepada mereka: "Inilah yang dimaksudkan TUHAN: Besok adalah hari perhentian penuh, sabat yang kudus bagi TUHAN; maka roti yang perlu kamu bakar, bakarlah, dan apa yang perlu kamu masak, masaklah; dan segala kelebihannya biarkanlah di tempatnya untuk disimpan sampai pagi."


3. Mempersiapkan diri untuk panen/ masa depan. Seperti Yusuf waktu menghadapi masa paceklik. Kel 16:35 melihat dengan iman.
Upgrade yourself, kembangkan diri sendiri.. Kelola yang sudah Ada.

16:35Orang Israel makan manna empat puluh tahun lamanya, sampai mereka tiba di tanah yang didiami orang; mereka makan manna sampai tiba di perbatasan tanah Kanaan.


Comments

Popular posts from this blog

Perbedaan dan Persamaan Gereja Barat dan Gereja Timur

PENCEMOOH

Manfaat Hidup bersyukur