Perbedaan dan Persamaan Gereja Barat dan Gereja Timur

Perbedaan antara Gereja Timur dan Barat
a. Gereja Timur berpegang pada sistem episkopal . Episkopal adalah sistem kepemimpinan keuskupan yang dikepalai oleh uskup . Gereja Timur memandang bahwa status uskup hanyalah sebuah kehormatan. Namun Gereja Barat menganggap bahwa kedudukan uskup kepala lebih dari uskup lainnya yang berhak mengeluarkan putusan yang harus dipatuhi , biasa disebut Paus atau Sri Paus.

b. Gereja Timur menganggap bahwa hanya Alkitablah sumber otoritas tertinggi dalam gereja sedangkan Gereja Barat merasa punya hak untuk membuat ketetapan-ketetapan diluar Kitab Suci.

c. Gereja Timur menekankan pada kehidupan yang kekal , yang menuntut pada hubungan yang lebih pada Tuhan sedangkan Gereja Barat menekankan pada jiwa sosial, bagaimana menunjukkan kasih sebagai perwujudan bagaimana manusia menjaid benar .

d. Gereja Timur menyatakan bahwa Roh Kuduslah yang menjaga gereja dan membimbing gereja kearah yang benar sedangkan gereja Barat menyatakan bahwa gereja terjaga dari kesalahan atau dengan kata lain gereja tidak pernah salah.

e. Gereja Timur lebih mengutamakan hubungan personal atau mistis dengan Tuhan mellaui perenungan yang mendalam sedangkan gereja Barat lebih mengutamakan hukum-hukum gereja .

f. Pejabat gereja pada Gereja Timur tidak perlu melakukan selibat tetapi boleh menikah dan memiliki keluarga, biasanya pada pendeta memiliki janggut sedangkan pada Gereja Barat para pejabat gereja baik pastor dan suster tidak boleh memiliki suami/istri atau selibat .

g. Gereja Timur memperbolehkan masyarakat awam atau jemaat untuk mengajarkan Alkitab kepada orang lain baik dalam ibadah maupun tidak sedangkan Gereja Barat hanya memperbolehkan Gereja yang mengajarkan Alkitab atau Firman Tuhan .

h. Gereja Timur percaya bahwa kedudukan uskup dan masyarakat awam adalah sama sedangkan Gereja Barat menganggap bahwa uskup berkedudukan lebih tinggi dibanding jemaat sebagai orang suci yang mewakili Yesus.

Persamaan Gereja Timur dan Barat

a. Baik Gereja Timur dan Gereja Barat percaya kepada 7 sakramen

b. Gereja Timur dan Gereja Barat sama-sama mengakui otoritas 7 konsili yaitu konsili Nicea (325M), Konstantinopel I (381M), Efesus (431M), Chalcedon (451M), Konstantinopel II (553M), Konstantinopel III (680M), dan Nikea II (787M)
c. Gereja Timur dan gereja Barat sama-sama mengakui bahwa para uskup adalah penerus para rasul

Comments

Post a Comment

Jika ada yang kamu masih ingin tanyakan, silahkan berkomentar dibawah ya. Tuhan Yesus Memberkati

Popular posts from this blog

PENCEMOOH

Manfaat Hidup bersyukur