Sifat Dosa


Dosa pada dasarnya merupakan bentuk pelanggaran terhadap ketetapan dan ketentuan yang sudah Allah buat . Didalam Kejadian 3, manusia dikatakan berdosa bukan karena buah pengetahuan yang baik dan yang jahat, namun karena ketidakpercayaannya terhadap apa yang Tuhan katakan. Manusia ingin membuktikan apakah yang Allah katakan kepada mereka adalah benar, sehingga karena keingintahuan mereka membuat jatuh kedalam dosa . Sejak saat itu, manusia tidak lagi menaati apa yang baik dan yang jahat menurut Allah tetapi manusia hanya memandang dan memutuskan yang baik dan yang jahat berdasarkan keinginan mereka. Berikut adalah sifat-sifat dosa yang perlu kita pelajari :
a.  Dosa adalah jenis kejahatan (evil things)
Dosa terjadi karena tindakan aktif yang dilakukan manusia. Tindakan tersebut dilakukan dengan penuh kesadaran diri . Didalam kitab Kejadian bab 6 ayat 5 dikatakan bahwa manusia yang naturenya dahulu adalah baik (Efesus 2:10) berubah menjadi jahat, dengan jelas dikatakab bahwa kecenderungan hati manusia hanyalah berbuat jahat .  Kata cenderung berarti apa yang dilakukan manusia itu condong kearah yang salah . Didalam terjemahan Young Living Translation dikatakan ,’.... every imagination of the thoughts of his heart only evil all the day’. Kita bisa melihat bahwa semua imajinasi ,pikiran , hati manusia hanyalah yang jahat setiap saat , terjemahan KJV menggunakan kata continually , yang artinya terus-menerus.  Jadi dosa merupakan suatu tindakan jahat yang sengaja dipilih manusia secara pribadi (Kejadian 3:1-6 ; Yesaya 48 :8).
b. Dosa bukan bersifat eksklusif melainkan inklusif
Dosa yang kita lakukan tidak hanya meliputi tindakan yang dimaksud jahat tetapi juga ada didalam kebiasaan yang berdosa . Dosa yang kita lakukan bukan hanya berefek didalam kehidupan kita pribadi saja melainkan juga berpengaruh pada orang lain. Dosa pada mulanya yang dilakukan oleh satu orang berefek pada seluruh manusia Doa satu orang membuat seluruh manusia jatuh kedalam dosa . Didalam kehidupan kita sehari-hari juga begitu, dosa yang kita buat bukan hanya berdampak pada diri kita pribadi namun memiliki implikasi yang jauh kedepannya. Didalam surat Paulus kepada Jemaat di Korintus dikatakan bahwa pergaulan yang buruk merusak kebiasaan yang baik . Dosa yang kita buat berpengaruh secara langsung maupun tidak langsung pada orang lain. Saat kita bergaul dengan orang yang suka merokok atau memakai narkoba, maka kebiasaannya yang buruk lama-kelamaan bisa menjadi bagian dari karakter kita .
c. Dosa memiliki sifat yang mutlak
Dosa memiliki sifat yang mutlak berarti bahwa ketika orang melakukan dosa baik yang dipandang kecil atau besar, maka secara keseluruhan pribadinya juga berdosa. Alkitab tidak pernah berkata bahwa ada manusia yang berada di posisi pertengahan, antara baik dan jahat . Didalam Wahyu dikatakan bahwa Tuhan tidak suka dengan orang yang setengah-setengah atau suam-suam kuku. Kita harus memilih berada di pihak yang mana, pihak kerajaan terang atau kegelapan. Inilah mengapa dikatakan  didalam surat Yohanes yang pertama, bawa Tuhan adalah setia dan adil, jika kita mau mengaku dosa kita dihadapannya maka Dia akan mengampuni kita.
d. Dosa berakibat maut
Dosa yang kita lakukan bukanlah hal yang dapat kita sepelekan begitu saja. Dosa yang kita lakukan dapat berimplikasi untuk kehidupan kita . Dikatakan didalam Surat Paulus kepada Jemaat di Roma, bab ke 6 ayat 23 , sebab upah dosa ialah maut . Sejak mulanya ketika manusia memilih ketidaktaatan, itu berakibat pada kematian. Pada waktu engkau makan buah itu, engkau akan mati, artinya mati secara fisik. Inilah mengapa Tuhan melakukan sembelih terhadap seekor hewan, dan mengambil buluhnya untuk digunakan manusia sebagai ganti daun untuk melindungi tubuh mereka. Adam dan Hawa selamat dari kematian karena tindakan efektif Allah , yang merupakan suatu gambaran kedepannya tentang keselamatan yang akan dilakukan oleh Tuhan Yesus Kristus. Dosa yang jika kita lakukan terus menerus akan membuat kita jauh dari Allah , yang ujungnya adalah maut . Tanpa pengampunan dan pengorbanan Yesus kita semua harus mati dna masuk kedalam dunia orang mati.

Comments

Popular posts from this blog

Perbedaan dan Persamaan Gereja Barat dan Gereja Timur

PENCEMOOH

Manfaat Hidup bersyukur