FIRMAN (TORAH=PERINTAH) ELOHIM TETAP SELAMANYA

(Semua kehendakNya dikembalikan utk dilakukan lagi sebelum pengangkatan para mempelai)
Maz 119:89 “Ya Yahweh, firmanMu (TorahMu) tetap di surga selamanya” (ILT, KJV)
Maz 119:142 KeadilanMu adalah keadilan yg kekal dan TorahMu itu benar.
Mat 5:18 “Janganlah kamu mengira (menyangka), bahwa Aku datang untuk membatalkan (meniadakan) hukum Torah atau kitab para nabi. Aku datang bukan untuk membatalkannya (meniadakannya), melainkan untuk menggenapinya. Sebab sesungguh Aku berkata kpdmu : “Sampai langit dan bumi berlalu (lenyap), satu iota atau satu titikpun dari Torah sekali-kali tdk akan lenyap, sampai segala sesuatu terjadi” (ILT, KJV)
Rom 3:31 Jika demikian, adakah kami membatalkan (meniadakan) hukum Torah melalui iman? Sama sekali tidak! Sebaliknya, kami meneguhkannya.
Banyak pemberitaan dan pengajaran yg muncul di hari-hari terakhir di akhir zaman ini, dimana tidak lagi melakukan perintah-perintah hukum Torah.
Ingatlah bhw Torah dengan semua perintahNya tetap berlaku sampai selamanya KECUALI :
1. Ibadah korban/pengorbanan hewan (burung merpati/tekukur, kambing/domba/sapi) dan
2. Sisitim ke IMAM-an dengan HIRARKI-nya
I. IBADAH KORBAN HEWAN (PENGORBANAN HEWAN) :
Pada masa Perjanjian Lama (PL), korban/pengorbana hewan dilakukan atas perintah Yahweh sebagai tanda dan tujuan yg dikehendakiNya dan dilakukan berulang kali sepanjang tahunnya dan terus menerus. (Kitab Imamat)
Ibr 7:27a) “Yang tidak seperti imam-imam besar lain, yang setiap hari harus mempersembahkan korban untuk dosanya sendiri dan sesudah itu barulah untuk dosa umatnya” (TB2).
Ketika Tuhan Yeshua dikorbankan oleh Bapa (awal masa Perjanjian Baru-PB), mk telah diselesaikan oleh Yeshua sebagai korban Anak Domba Elohim yg tdk bercacat cela 1 (satu) kali utk selamanya (Ibr 7:27b, Ibr 9:26b, 1Kor 5:7). Artinya tdk ada lagi korban-korban hewan berikutnya dan dgn dmkn membatalkan/meniadakan korban hewan..!!!
II. SISTIM KE IMAM-AN :
Pada masa PL, maka pelaku dan pelaksana pengorbanan hewan itu hanya dilakukan oleh para imam dan di pimpin oleh imam agung keturunan suku Lewi pilihanNya. Tidak boleh dan tdk dizinkan di lakukan oleh siapapun diluar suku tersebut.
Ibr 7:27b) “Yang tidak seperti imam-imam besar lain, yang setiap hari harus mempersembahkan korban untuk dosanya sendiri dan sesudah itu barulah untuk dosa umatnya” (TB2).
Yeshua diperintahkan oleh Bapa Yahweh utk mengorbankan diriNya, mati dan bangkit dan menjadi IMAM AGUNG utk selama-lamanya menurut peraturan Melkisedek. Sistim ke-imam-an suku Lewi dihapus dan diambil alih oleh Yeshua sbg Imam Agung Elohim.
“Sebab Imam Besar yang demikianlah yang kita perlukan: yaitu yang saleh, tanpa salah, tanpa noda, yang terpisah dari orang-orang berdosa dan lebih tinggi dari pada tingkat-tingkat sorga, & sebab hal itu telah dilakukan-Nya satu kali untuk selama-lamanya, ketika Ia mempersembahkan diri-Nya sendiri sebagai korban (Ibr 7:26-27a).
Sebagaimana Dia jg berfirman di dlm nas yg lain, “Engkau adalah imam utk selamanya menurut peraturan Melkisedek” (Ibr 5:6 dan Maz 119:142).
Dengan ditunjuk sebagai Imam Besar oleh Elohim, menurut peraturan Melkisedek (Ibr 5:10)
Sebab Dia memberi kesaksian, “Engkau adalah imam utk selamanya menurut peraturan Melkisedek” (Ibr 7:17).
Ketika Tuhan Yeshua mengajarkan Firman kpd para murid, Dia mengajarkan Torah..!
Torah adalah FirmanNya yg Dia perintahkan melalui Musa utk dituliskan pada loh batu..!
Jadi TORAH = FIRMAN = YESHUA atau FIRMAN = TORAH = INJIL = YESHUA..!!!
Sebab Injil BELUM tertulis tapi telah digenapi dlm Pribadi Yeshua dan itulah kesaksian para murid terutama rasul Yohanes dlm Injil Yohanes pasal 1.
DAPAT DIJABARKAN SBB :
1. Masa Adam sampai Musa : → Torah (Firman) yg diperkatakan,
2. Masa Musa sampai Tuhan Yeshua : → Torah (Firman) yang tertulis,
3. Masa Tuhan Yeshua sampai turunnya Roh Kudus : → Torah (Firman) yg digenapi,
4. Masa Roh Kudus sampai akhir zaman : → Torah (Firman) yg tertulis di loh hati.
Pada masa Perjanjian Lama : → Torah (Firman) dihidupi dgn bayangan (gambaran), dan bayangan itu dlm sistim pengorbanan hewan dan sistim keimaman..!
Pada masa Perjanjian Baru : → Torah (Firman) dihidupi dgn teladan (Pribadi Yeshua), dan teladan itu adalah Tuhan Yeshua sbg korban penebusan dan sbg Imam Agung yg hrs diikuti dan harus dan wajib mengasihi Dia dgn segenap hati & dgn segenap akal budi & dgn segenap pikiran & dgn segenap kekuatan.!
Dari keteladan Tuhan Yeshua, maka Torah (firmanNya) tdk satu perintahpun yg Dia batalkan atau hilangkan kecuali kedua hal tersebut diatas yg dilebur menjadi SATU dlm PribadiNya..!
(Mohon ampun : bukan menghakimi siapapun)
Banyak hamba Tuhan yg mengajarkan bhw Torah tdk berlaku lagi dan berdasarkan bbrp ayat yg diterjemahkan dan ditafsirkan berlawanan dgn perkataan Yeshua dlm Mat 5:18 itu..! Dan penafsiran lain dlm perkataan Yeshua..!!!
Juga kesalahan penafsiran tulisan rasul Paulus dlm bbrp ayat seolah-olah membatalkan/meniadakan Torah. Tapi Paulus tegaskan di Rom 3:31 dan ini meniadakan semua penafsiran ttg Torah yg dikatakn bbrp hamba Tuhan bhw Paulus membatalkan Torah.
Sesungguh-sungguhnya bhw sorotan UTAMA dlm semua surat Paulus adalah kpd “PELAKU Torah (Firman)” itu yakni para Rabbi, ahli Torah dan org-org Farisi yg melakukan hal-hal diluar perintah Torah..!!!
Sorotan tulisan Paulus itu BUKAN kpd ISI Torah (FirmanNya = perintahNya)..!!!
Bandingkan Tuhan Yeshua mengecam ahli Torah dan org-org Farisi (Mat 23) yg dgn tegas dan keras mengatakan munafik dan keturunan ular beludak kpd mereka..!!!
Sbg akibat dari para pemimpin Yahudi itu hanya mampu memberitakan dan mengajarkan tapi TDK mampu melakukannya. Itulah sebabnya Yeshua perintahkan kpd para muridNya utk mendengarkan apa yg mereka ajarkan tapi JNGN mengikuti apa yg mrk lakukan..!!!
JADI saat ini di seluruh dunia, Elohim telah dan sedang dgn memaksa kepada para umat sisa (the remnant) pilihanNya utk kembali (Tzesuvah) kpd kehendakNya yg semula (blue print) Torah = Injil = FirmanNya utk dikembalikan menjelang rapture..!
Sebab semua ibadah yg Elohim perintahkan sejak semula itu akan dilaksanakan sepenuhnya pada masa pemerintahan Kerajaan Seribu Tahun dimana Yeshua sbg Imam dan Raja Agung dan para pilihanNya menjadi para imam dan para raja dibawahNya..!
Saya berdoa DIBERKATILAH kita semua yg dipilih sbg umat sisa yg dipersiapkan olehNya utk rapture dan nantinya memasuki masa kerajaan seribu tahun utk memerintah bersama dgn Yeshua, amen

Comments

Popular posts from this blog

Perbedaan dan Persamaan Gereja Barat dan Gereja Timur

PENCEMOOH

Manfaat Hidup bersyukur